Senduk Di Nilai Banyak Prestasi Dalam Kepemimpinanya Di Tomohon

Tomohon55 Dilihat

-KATABRITA.COM-Dinilai Kandidat Petahana yang sedang memegang jabatan di daerah, dinilai berpeluang terpilih kembali pada suksesi Pilkada mendatang.

Pasalnya, dilihat dari berbagai hasil survei Pra-Pilkada diikuti oleh Petahana di berbagai daerah, sosok Petahana selalu tampil dan berada di posisi teratas.

Meski perhelatan Pilkada serentak berlangsung 27 November 2024, namun konstelasi politik di Tomohon kini mulai memanas.

Apakah ini, karena Konstitusi maupun Perundang-undangan lainnya, membuka ruang untuk boleh dijabat dua periode masa jabatan bagi Incumbent?

Ataukah, hasil survei tersebut menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan prima dari Pemerintah dibawah kendali Petahana Caroll Senduk?

Simak penuturan masyarakat Tou’muung terhadap Program Pro Rakyat dari seorang sosok Incumbent Caroll Joram Azarias Senduk SH selama 3 tahun masa kepemimpinannya, yang dirangkum, Selasa (19/3/2024).

“Bantuan Sosial Lansia dari Pak Wali Kota Caroll Senduk banyak sekali manfaatnya,” kata Gembala GPDI Paulus Sumaa dari Kelurahan Wailan.

“Bantuan Sosial Duka untuk keluarga yang ditimpa dukacita sangat membantu masyarakat,” ujar tokoh masyarakat Kelurahan Kakaskasen Dua Frans Polii.

“Bantuan Beasiswa buat anak-anak Sekolah dan Mahasiswa Tomohon dapat meringankan beban dari orang tua,” kata Tokoh masyarakat Kelurahan Tumatangtang Fredy Kalalo.

“Bantuan untuk pembangunan Gereja dan kesejahteraan para hamba Tuhan di Tomohon sangat disyukuri,” ucap Tokoh agama Pdt Yuda Singgi SE dari Kelurahan Walian Dua.

“Bantuan fasilitas untuk kelompok UMKM, itu sangat membantu dalam meningkatkan pendapatan keluarga,” sebut pengusaha UMKM Kampung Jawa Imran Tangkudung.

“Bantuan Asuransi Ketenagakerjaan bagi ribuan pekerja warga Tomohon sangat menjamin,” beber Tokoh masyarakat Julius Ering dari Kelurahan Pinaras.

“Program unggulan di sektor Pertanian bagi para Kelompok Petani Bunga (florykultura) dan Petani Sayur (hortykultura) membantu masyarakat,” ungkap Tokoh masyarakat Kelurahan Tara-tara Petronius Karamoy.

“Program pemenuhan gizi bagi anak Balita dan Ibu hamil di Tomohon sebagai langkah penurunan prevalensi Stunting, itu sangat penting,” tegas tokoh agama Margaritha Rumajar dari Kelurahan Rurukan.

“Bantuan untuk Ormas di Tomohon memang betul-betul mantap,” tandas Tokoh masyarakat Papua Pdt Tius Kenelak STh.

“Tata Kelola keuangan daerah dalam Pemerintahan Walikota Caroll Senduk sangat maksimal mewujudkan Good Goverment and Clean Goverment,” tutur Pensiunan PNS Drs Paulus Roring dari Kelurahan Walian.

“Penggunaan Tata Ruang untuk pengembangan usaha di sektor Pariwisata Kota Tomohon sangat menjanjikan,” terang Tokoh Akademisi Tomohon Dr Yongker Baali MSi.

“Bantuan untuk para korban bencana di Kota Tomohon, kepedulian Pak Walikota Caroll Senduk sangat menyentuh kehidupan masyarakat,” kata Pengurus Partai Politik Sity Aliyah.

“Program kebersihan dan pelestarian lingkungan serta Jaminan Kesehatan masyarakat benar-benar dirasakan selama ini,” ungkap Tokoh Rohaniawan Evangelis Ferry Rompas STh dari Kelurahan Kolongan.

Menurut Pengamat Politik Kota Tomohon Benedictus Agus Nugroho SIP, bahwa Incumbent dianggap sebagai calon yang lebih diuntungkan dibandingkan kandidat lain.

“Memang Petahana sudah memiliki modal popularitas dan elektabilitas yang mumpuni untuk memenangkan Pilkada nanti,” jelas Nugroho.

“Sehingga jika diakumulasi, incumbent memiliki investasi politik lebih unggul dibandingkan kandidat lainya,” paparnya.

Kata Nugroho, Investasi politik selama menjabat ditambah ingatan publik.”Sebagai kepala daerah akan membawa keuntungan bagi Petahana jika waktu kampanye hanya sebentar,” pungkasnya.