OJK Sulutgomalut : Semakin Tinggi Tingkat Literasi-Inklusi Keuangan, Kesejahteraan Masyarakat Juga Meningkat

Ekonomi, Ekonomi13 Dilihat

Katabrita – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara (Sulutgomalut) menyampaikan betapa pentingnya tingkat literasi dan inklusi keuangan pada masyarakat untuk mencapai kesejahteraan dengan mengoptimalkan potensi dan manfaat berbagai produk jasa keuangan dengan tepat.

“Kalau kita lihat masyarakat yang tinggi tingkat literasi dan inklusinya, tentunya tingkat kesejahteraannya juga meningkat,” sebut Kepala OJK Sulutgomalut, Robert Sianipar saat menggelar Media Update pada Jumat (5/7) 2024.

Robert juga mengatakan bahwa dengan tingginya tingkat literasi masyarakat, maka bisa merencanakan keuangannya yang bisa terhindar dari penipuan dan penawaran-penawaran dan investasi ilegal.

Di Sulut, Robert menyampaikan bahwa menurut survey di tahun 2022, Indeks inklusi Keuangan sudah mencapai 86,23 persen, sementara untuk literasi hanya 50,13 persen.

“Jadi kalau kita lihat berdasarkan hasil survey, masyarakat di Sulut lebih banyak yang sudah menggunakan tetapi belum sepenuhnya tahu,” ujar Robert.

Hal itu dikatakan Robert yang akan menjadi tantangan kedepan, untuk meningkatkan literasi-inklusi di masyarakat.

“Belakangan ini dengan era digital yang semakin meningkat, ini penawaran-penawaran, investasi ilegal, investasi bodong juga semakin meningkat,” Katanya.

Untuk itu, kata dia tugas Perbankan juga untuk mencerdaskan masyarakat agar terhindar dari penipuan.

Sejalan dengan itu, Pemerintah juga telah menetapkan target indeks Inklusi Keuangan untuk tahun 2024 sebesar 90 persen.

“Untuk mewujudkan target tersebut, sudah dicanangkan juga Hari Indonesia Menabung (HIM) yang diperingati tanggal 20 Agustus,” kata Robert yang didampingi perwakilan dari Industri Jasa Keuangan (IJK) di Sulut.

Adapun kata Robert, tema dari HIM 2024 adalah “Menabung untuk Indonesiaku”

“Dengan tema ini mengajak seluruh masyarakat untuk cakap mengelola keuangan dengan menabung, dan tentunya dengan rangkaian kegiatan tersebut kita terus mendorong literasi masyarakat meningkatkan inklusi,” tutupnya.

Turut hadir dalam Media Update mengenai Hari Indonesia Menabung yakni, Louisa Parengkuan – Dirops BSG, Lucky Lahope – Wapimwil BNI, Liau Jung Nyap – Pincab BCA, Dave Pinontoan – Dirut BPR Dana Raya selaku sekretaris Perbarindo bersama Jajaran Perbarindo, Yoga Yudistira – Dept Head BRI Kanwil, Billy – Bank Mandiri, Pingkan Kaligis – BSI serta Media.

 

(Indah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *