oleh

Dirut PD Pasar Roland Roeroe Hadiri Pengukuhan APM

MANADO – Dirut PD Pasar Kota Manado Pnt Dr Roland Roeroe menghadiri acara pengukuhan Aliansi Pers Manado (APM) yang dikukuhkan langsung oleh Wakil Wali Kota Manado dr Richard Sualang di Taman Berkat kota Manado, Jumat (27/08/21).

Kepada media ini Roland Roeroe mengatakan keberadaan pers sangat dibutuhkan, bahkan tanpa pers atau media massa bangsa ini tidak akan pernah maju. Karena sebagaimana fungsinya, pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial, dibutuhkan masyarakat dalam membangun kehidupan.

“SDM untuk menjadi wartawan harus benar-benar orang terpilih, karena dalam bermedia kita butuh kepercayaan, kita butuh menerima informasi dan memberikan informasi untuk membangun kehidupan, kita perlu komunikasi dua arah, sehingga wartawan dan media benar-benar dibutuhkan untuk kemajuan, tanpa media bangsa kita tak akan pernah maju,” ujar Roeroe.

Kata Roeroe anggota APM  sudah pastinya memiliki integritas. Komunikasi antara Pemerintah Kota dalam hal Wali Kota Andrei Angouw dan dan Wawali Richard Sualang (AARS) dengan wartawan sudah terjalin dengan baik.

“Berharap agar APM menjadi wadah organisasi yang membantu pemerintah dalam memberantas berita-berita hoax,” tandasnya.

Sementara Wakil Wali Kota Manado dr Richard Sualang saat mengukuhkan pengurus Aliansi Pers Manado dalam sambutannya mewakili Walikota Andrei Angouw, Richard Sualang memberikan ketegasan tentang makna organisasi pers. “Aliansi ini lebih kuat dari suatu ikatan persatuan,” ujar Wawali Manado Richard Sualang.

Pada kesempatan ini, Wawali Richard juga menyampaikan harapannya buat Aliansi Pers Manado (APM) yang baru saja dikukuhkan.

“Saya berharap dengan adanya aliansi ini, profesional lebih ditingkatkan, kesejahteraan anggota harus diperhatikan dan memberikan bantuan advokasi kepada setiap anggota,” ucap Wawali Manado. Richard Sualang juga menegaskan bahwa Walikota Andrei Angouw dan dirinya tidaklah anti kritik.

“Karena kritik akan membuat kinerja Pak Wali dan saya menjadi lebih terkontrol. Mau kritik membangun atau kritik yang lain, terserah,” tegas Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado ini.

Sementara itu, Ketua APM Steven Rondonuwu mengatakan APM akan merangkul setiap wartawan yang menjalankan tugas liputan di Pemkot Manado dan DPRD Manado.

“Jika sebelumnya ada perbedaan sikap serta pandangan diantara teman teman pers, saat ini kami berharap tidak ada sekat lagi antar sesama insan pers, terlebih yang pos liputan di Pemkot dan DPRD Manado,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Rondonuwu juga berharap kepada pemerintah kota Manado kedepan agar dapat memperhatikan kesejahteraan insan pers yang setiap hari melakukan tugas jurnalis di lingkup pemerintahan kota Manado. “Kalau saat ini anggaran yang ditata untuk media belum maksimal karena pandemi covid 19, kami berharap di APBD tahun depan anggaran bagi media bisa ditambah, tentu jika kondisi keuangan daerah sudah stabil,” pintanya.

Seluruh pengurus APM juga kata dia memberi apresiasi atas kehadiran para undangan yakni Wakil Ketua DPRD Manado, Andrey Laikun, Jean Sumilat, Lily Binti, Jurani Rurubua dan Jonas Makawata, Dirut PD Pasar Manado, Roland Roeroe, Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu, Kadispora Manado Tonny Mamahit, Kadis Koperasi Recky Sondakh, Kadis Perindag Hendrik Waroka, Kadis DLH Frangky Porawouw, Sekretaris Dinas Kominfo Mursyid, Kabid Kominfo Lidya Kaawoan serta Kabid Kesbang Yuming yang telah membantu APM sehingga kegiatan pengukuhan berjalan dengan baik.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada teman-teman Ikatan Wartawan Online (IWO) Manado serta para wartawan lain yang memenuhi undangan kami,” tambah Rondonuwu. (adve/Lipsus)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *