Lakukan Hal Ini Agar Motor Honda Kamu Awet, Aman dan Nyaman Dikendarai

Ekonomi, Ekonomi, Otomatif226 Dilihat

Katabrita – Melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor Honda secara rutin di bengkel resmi AHASS jadi hal yang wajib dilakukan pengendara jika ingin sepeda motornya selalu dalam kondisi prima.

Selain itu, selalu menjaga kebersihan sepeda motor akan membuatnya jadi lebih awet, aman dan nyaman dikendarai.

Pasalnya, kotoran seperti debu atau lumpur yang menempel pada bodi dan komponen sepeda motor bisa menjadi kerak yang berpotensi merusak cat bodi motor.

Ada beberapa benda berpotensi menimbulkan bahaya pada sepeda motor jika tidak memperhatikan aspek kebersihan, seperti:

1. Kain, plastik, kertas atau sejenisnya. Benda-benda tersebut adalah bahan mudah terbakar. Sangat berisiko jika tersangkut pada area pipa knalpot sepeda motor.

Selain karena kecerobohan, benda-benda tersebut terselip karena dibawa oleh tikus ke sela-sela bagian dalam sepeda motor.

2. Tidak menyimpan korek api dan benda lain yang terbuat dari logam seperti obeng, kaleng cat semprot (spray) dan lainnya pada box bagian depan atau di bagasi bawah jok.

Hal ini sangat berisiko terjadi korsleting karena bagasi bawah jok motor berdekatan dengan battery (aki) khususnya untuk motor tipe sport.

Lakukan Langkah Sesederhana Ini :

1. Periksa rutin dan pastikan setiap bagian sepeda motor bersih dari benda-benda tersebut, khususnya pada area pipa knalpot, jok motor, dan boks depan. Jangan lupa untuk rutin mencuci sepeda motor.

2. Perlu juga diperhatikan kebersihan area parkiran sepeda motor. Bersihkan secara rutin area parkir motor di garasi. Bila perlu, taburkan kapur barus di lantai untuk menghindari tikus berkeliaran di area parkiran dan masuk ke sela-sela sepeda motor.

3. Satu hal lagi, jangan sembarang meletakan tools kit serta buku pedoman pemilik dan servis garansi pada bagasi bawah jok. Simpanlah di tempat yang telah disediakan pada bagian bawah jok.

Technical Service Dept Head PT DAW, Ridwan Suwandie mengatakan bahwa karena alasan kesibukan atau ketidaktahuan, banyak orang yang tidak begitu menghiraukan kondisi sepeda motornya. Di sisi lain juga, membawa barang berlebih dan sembarang meletakan barang di dalam bagasi pun berpotensi menimbulkan kerusakan.

“Untuk mempertahankan sepeda motor yang awet, aman dan nyaman dikendarai pengguna sepeda motor dapat melakukan beberapa hal sederhana diatas atau melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor Honda di bengkel resmi AHASS terdekat. Konsumen juga dapat memanfaatkan layanan booking service untuk bebas antri dengan cara mendownload aplikasi Daya Auto melalui Apps Store atau Play Store di gadget anda”, ujar Ridwan.

 

(**Indah)