oleh

Vanda Sarundajang Pimpin Kwarda Sulut Ziarah ke TMP dan Upacara Di Pucak Emung Kawangkoan

-Sulut-316 views

-KB.COM_Kartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Utara melaksanakan rangkaian kegiatan untuk mengisi moment dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke -60 Tahun.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, kepedulian Kwarda Sulut telah membagikan ribuan masker gratis untuk masyarakat, pada kemarin hari, Jumat 14 Agustus 2021, Kwarda Sulut telah melaksanakan kerja bakti membersihkan kurang lebih 18 makam pimpinan Mabida/Kwarda yang tersebar di Manado, Minahasa Utara dan Minahasa, kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado dan makam Pimpinan Mabida/Kwarda.

Ketua Kwartir Daerah Sulawesi Utara yang juga sebagai Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang pada pesempatan itu, mengatakan Rangkaian kegiatan ziarah ini merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan kami dan andalan daerah Kwarda Sulut untuk jasa-jasa kakak-kakak pendahulu kita. Karena jasa mereka kita dapat berdiri tegak saat ini. Kami kesini berkunjung sekaligus membersihkam makam mereka namun karena saat ini kita berada dalam berbagai keterbatasan karena pandemi maka tidak semua makam dapat kita kunjungi, kata kak Vanda.

Lanjutnya, bertepatan dengan bulan bakti Pramuka ini, Kwarda terus mengingatkan dan mendorong agar setiap anggota Pramuka harus hadir membantu masyarakat.
“ Setiap Anggota Pramuka harus hadir membantu masyarakat apapun bentuknya, besar kecil kecilnya tergantung kemampuan tidak masalah. Bertepatan dengan moment Bulan Bakti ini, Kwarda Sulut mendorong agar Adik-adik dan kakak-Kakak untuk lebih peduli dengan keadaan masyarakat khususnya ditengah situasi pandemi yang belum berakhir. Kita semua harus saling membantu, bergotongroyong, dan saling mengingatkan” terang kak Vanda.

Kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan dan peletakan Karangan Bunga di Taman Makam Pahlawan Kairagi dilanjutkan dengan tabur bunga di makam kak Mayjen TNI C.J. Rantung (Mantan Ka Mabida), kak Mayor TNI S.D Wuisan (mantan KaKwarda), kak Letkol Pol. K.H.E Sompie (mantan Waka Kwarda).
Kemudian dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di makam kak A.H.J Purukan,BA (mantan KaKwarda) di Desa Matungkas, lanjut ke Desa Pineleng untuk ziarah ke makam kak Prof.Dr. Refly F. Gerungan ( mantan Kapusdiklatda) dan dilanjutkan ke makam kak Dr. S.H Sarundajang (mantan Ka Mabicab dan Ka Mabida) di kawangkoan.

Rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan Upacara Ulang Janji yang dilaksanakan di lokasi Monumen Tuhan Jesus Melawat Dunia, di puncak Emung Kawangkoan.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *