oleh

Pandeirot Gender Merupakan Persoalan Pokok Suatu Tujuan Pembangunan

-Tomohon-159 views

-KB.COM-Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, SH diwakili Assisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Tomohon Toar Pandeirot, SPd, MM membuka kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan PUG (Pengarusutamaan Gender) yang dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (16/9/2021).

Pandeirot menjelaskan pada dasarnya gender merupakan persoalan pokok suatu tujuan pembangunan, jadi kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan mengakhiri kesenjangan ekonomi.

Dengan demikian mempromosikan kesetaraan gender adalah bagian utama dari strategi pembangunan dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat guna mengentaskan diri dari kemiskinan dan upaya peningkatan taraf hidup masyarakat secara kompleks, jelas Pandeirot.

Diharapkan kedepannya kita dapat bersinkronisasi dalam setiap program dan kegiatan yang ada di Perangkat Daerah dengan melihat dan merespon kesetaraan gender sesuai dengan kebutuhan Perangkat Daerah masing-masing, sehingga kedepannya dipastikan seluruh masyarakat, baik laki-laki dan perempuan akan terlibat dalam proses pembangunan guna terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender, terang Pandeirot.

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon dr John Lumopa menjelaskan juga sebagai pihak pelaksana kegiatan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman serta mengevaluasi kembali evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam penerapannya pada program kegiatan disegala bidang maupun kebijkan-kebijakan yang menunjang pembangunan yang ada di Kota Tomohon, terang Lumopa.

Kegiatan ini juga bertujuan antara lain untuk memperoleh data dan informasi dari Perangkat Daerah tentang pelaksanaan PUG, memperoleh gambaran atau situasi kondisi yang ada di Perangkat Daerah baik program maupun kegiatan atau kebijakan yang responsif gender.

Turut hadir sebagai narasumber, unsur Akademisi Willem Tumbuan SE MSc PHd sebagai Dosen Fakultas Ekonomi Unsrat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *