Sekot Roring Irup Peringatan Harkitnas di Kota Tomohon

Tomohon42 Dilihat

TOMOHON – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke- 115 Tahun 2023 Di Kota Tomohon. Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh setiap tanggal 20 Mei ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Walikota Tomohon.

Sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dibacakan oleh Sekot Tomohon yakni Seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. hal ini, di tandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya budi utomo pada tanggal 20 mei 1908.

Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan republik indonesia sebagai negara satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Didirikan oleh Dr. Soetomo bersama para mahasiswa School Tot Opleiding Van Indische Arsen (STOVIA), Budi Utomo berdiri untuk mendorong bangsa indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. di samping itu, Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni : memerdekakan cita-cita kemanusiaan memajukan nusa dan bangsa, mewujudakan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

– Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045. mengutip perkataan Dr. Sutomo “generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”. Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

“Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan penerus bangsa kelak. selamat memaknai dan memperingati hari kenbangkitan nasional ke-115 bagi kita semua. berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit!,” ucapnya.

Peserta Upacara seluruh PNS, Tenaga Kontrak dan Pegawai BUMD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon. Hadir juga Dandim 1302 Minahasa yang diwakili oleh Letnan Dua Inf. Deni Pailah, Kapolres Tomohon yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol. Nofri Maramis, S.H., S.I.K., dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *