Stenly Kowaas Jadi Moderator Di Kegiatan Sosialisasi Peran Media Dalam Pemilu

Tomohon35 Dilihat

-KATA-Pemilihan Umum merupakan instrumen penting untuk menuju negara demokrasi. Salah satu prinsip utama dari demokrasi adalah partisipasi masyarakat dalam  berdemokrasi. Tujuan dari pemilihan umum adalah untuk memilih anggota DPR RI, DPD RI, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden, serta Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah untuk membentuk pemerintahan baru dan perwakilan rakyat yang benar-benar bekerja untuk kepentingan rakyat.

Penyelenggara Pemilu terdiri dari anggota Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum di dalam pemilu terdapat kode etik yang harus dijalankan untuk menghindari kecurangan dalam Pemilu dan penegakkan hukum.

(Fotto : para awak media)

Di Hotel Green Master Tomohon, dilaksanakan sosialisasi yang bertajuk Peran serta media dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu di Kota Tomohon tahun 2024, kegiatan ini dimotori oleh Bawaslu Kota Tomohon, Selasa (26/9/2023).

Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas menjadi moderator dalam sosialisasi ini yang menampilkan dua narasumber tenaga ahli Bawaslu RI Bidang SDM Fentje Bawengan, MM dan DR WR Lolong Bidang Hukum.

Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas menjelaskan sosialisasi ini dalam rangka upaya meningkatkan pengawasan dalam menyongsong Pemilu serentak yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang, dikarenakan peran media sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang pemilu.

Pertemuan dengan awak media merupakan komitmen Bawaslu Tomohon dalam membangun sinergitas dalam rangka melibatkan pekerja pers di Bawaslu Tomohon, ucap Kowaas.

Fentje Bawengan lewat via zoom menyampaikan bahwa peran media sangat berperan penting dalam pengawasan Pemilu. Karena kerjasama antara KPU, Bawaslu, KPI dan Dewan Pers ini dapat meminimalisir terjadinya dugaaan pelanggaran.

Lewat organisasi ini pasti mereka terus menjabarkan apa kerjasama yang dilakukan oleh Bawaslu, KPU dan Dewan Pers serta KPI, terang Fentje.

Pemberitaan melalui media merupakan bagian dari suatu pengawasan yang akan berorientasi pada menurunnya angka penundaan pelanggaran untuk itu, peran media terkait publikasi hasil pengawasan sangat penting, ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Dr WR Lolong SH lewat via zoom juga, menjelaskan bahwa pemilu adalah cara atau sarana untuk mengetahui keinginan rakyat mengenai arah dan kebijakan negara juga pemilu menjadi arena pertarungan untuk mengisi jabatan politik di dalam pemerintahan, Jelas Lolong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *