Pengpol Kimbal, Enam Calon Moncong Putih DPR-RI Punya Basis Massa

Berita Utama38 Dilihat

-KB.COM-Dari enam calon, target empat kursi dipatok PDI Perjuangan Sulut untuk legislatif DPR-RI 2024.

Dihimpun, enam nama yang kans diusung partai ibu megawati Soekarno putri ini adalah Rio Dondokambey, Wenny Lumentut, James Sumendap, Yasti Soepredjo, Vanda Sarundajang, dan Lexy Mamonto.

Pengamat politik (pengpol) Sulut Dr Alfon Kimbal mengakui target empat kursi yang dipatok sangat masuk akal melihat performa PDI Perjuangan saat ini. “Memang sekarang PDI Perjuangan dominasi kepala daerah. Ini sangat berpengaruh. Apalagi peran mesin partai didukung birokrat, akan membantu pencapaian suara PDI Perjuangan,” sebutnya.

Pengamat politik yang juga sebagai Dosen Fisip Unsrat ini mengatakan, poin penting yang dipegang PDI Perjuangan adalah mesin partai, modal sosial terbangun, dan modal ekonomi. Yang utama pemimpin politik, yang menjadi pemimpin pemerintahan, jaringannya sangat luas, jelas Kimbal.

Diakui, Partai moncong putih saat ini masih menjadi partai politik yang dominan di Sulut. Terutama dalam perebutan kursi DPR-RI. “Sudah beredar skuad caleg DPR RI dari PDI Perjuangan, dari enam kandidat ini semua punya basis massa tersendiri. Kekuatan merata dan menurut saya ini dream team. Target empat kursi sangat masuk akal,” tuturnya.

Memang dilihat dari skuad PDI Perjuangan, keenamnya punya basis massa jelas. Dimulai dari Rio Dondokambey. Putra sulung Gubernur Sulut ini dikenal sangat dekat dengan kaum muda. Apalagi Rio saat ini dipercaya memegang sejumlah jabatan penting. Mulai dari Ketua Komisi Pemuda Sinode GMIM hingga KNPI Sulut, serta beberapa jabatan strategis lainnya.

Setelah Rio ada nama Bupati Minahasa Tenggara dua periode James Sumendap. Dia juga kini menjadi Panglima Panji Yosua P/KB Sinode GMIM. Nama Wenny Lumentut juga sudah sangat kenal. Berlatar belakang Katolik, Wakil Wali Kota Tomohon ini diyakini bisa meraup suara signifikan. Nama lain, Vanda Sarundajang, menjadi satu-satunya incumbent yang diusung. Sudah tiga periode di DPR RI, VaSung sapaan akrabnya, pasti punya pemilih tetap. Yasti Soepredjo dan Lexy Mamonto diplot PDI Perjuangan untuk merebut suara di daerah Bolmong Raya dan pemilih Muslim.

Sebelumnya Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey (OD) mengatakan mereka menargetkan empat kursi untuk DPR RI. “Target DPR RI yang lalu kita tiga kursi, kurang 3.000 suara lagi untuk mendapatkan empat kursi. Jadi kalau (target) empat kursi tidak karang-karang. Pasti akan dapat,” pungkasnya.

 

 

 

Sumber : manado post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *