Gantikan Posisi JAK, Raski Mokodompit Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Sulut

Lipsus/advetorial7960 Dilihat

Katabrita – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) Raski Mokodompit resmi dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Sulut untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024 menggantikan James Arthur Kojongian (JAK)

Raski Mokodompit diambil sumpah/janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Manado pada rapat Paripurna dalam rangka Pengucapan sumpah /janji Pergantian Antar Waktu (PAW) Selasa (13/4) 2024 di ruang Paripurna DPRD Sulut.

Adapun posisi Wakil Ketua DPRD Sulut disisa masa jabatan 2019 – 2024 mengalami pergantian Lewat Surat Keputusan Mendagri No :100.1.2.4-6145/2023

Saat memimpin rapat paripurna, Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Andi Silangen mengatakan, penggantian posisi pimpinan dewan bukan untuk memenuhi atau melengkapi struktur organisasi masa waktu tertentu semata, namun merupakan implementasi dari Undang-undang dalam melaksanakan kewajiban sebagai Anggota DPRD dalam membangun daerah untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera.

“Undang-undang mengamanatkan PAW adalah perintah yang harus dilaksanakan dan saat ini telah dijalankan, sehingga anggota yang terhormat Raski Mokodompit telah diambil sumpah dan janji sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut menggantikan James Arthur Kojongian,” ujar Silangen.

Saat memberikan Sambutan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang diwakili Sekretaris Provinsi, Steve Kepel memberikan apresiasi kepada James Arthur Kojongian sekaligus selamat kepada Raski Mokodompit yang baru saja dilantik.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak James Arthur Kojongian, atas dedikasi dan komitmen kuatnya selama mengemban tugas sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut, sekaligus mengucapkan selamat dan sukses, kepada Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara yang telah melaksanakan Pengucapan Janji Pengganti Antar Waktu, Bapak Raski A. Mokodompit, S.H. Kiranya, dengan pergantian Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut sisa masa jabatan 2019-2024 saat ini tidak mempengaruhi ritme dan kinerja Bapak/Ibu dalam mengawal amanah masyarakat dan partai yang diwakili demi kemajuan dan kesejahteraan bersama,” ujar Sekretaris Provinsi Steve Kepel.

Dilanjutkan Kepel, sebagai Pimpinan Daerah Sulawesi Utara, mewakili Pemerintah Provinsi dan seluruh rakyat Sulut merasa bangga melihat Pimpinan dan segenap Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara senantiasa konsisten menunjukkan eksistensi pemenuhan tugas, peran dan tanggungjawabnya dalam pembangunan bangsa di Bumi Nyiur Melambai.

“Disamping itu, senantiasa mampu menjalin koordinasi dan sinergitas yang positif dengan segenap komponen pembangunan di daerah ini, utamanya Pemerintah Provinsi, dalam mengawal pencapaian visi dan misi pembangunan daerah di Sulawesi Utara, termasuk dalam menjawab persoalan dan tantangan-tantangan yang ada,” katanya.

Sementara itu, saat diwawancarai wartawan, Rasky Mokodompit mengatakan bahwa usai dilantik, dirinya akan berkordinasi dengan pimpinan DPRD lainnya, untuk mengoptimalkan kinerja DPRD.

“Saya akan berkordinasi dengan pimpinan DPRD lainnya, untuk mengoptimalkan kinerja DPRD,” ujar Rasky.

Dirinya juga berterima kasih kepada mantan bupati Minahasa Selatan dua periode Christiany Eugenia Paruntu.

“Saya berterima kasih kepada Ibu Christiany Eugenia Paruntu sebagai Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sulawesi Utara yang telah mempercayaakan pergantian antar waktu pimpinan DPRD ini kepada saya yang notabene putra dari Bolaang Mongondow Raya,” kata Raski.

“Sekalipun proses ini sempat tersendat-sendat, tapi Alhamdulilah saya bersyukur puji Tuhan pada hari ini telah diambil sumpah,” ucapnya.

Sekretaris DPD Partai Golkar Sulut ini juga mengucapkan terima kasih pada seluruh stakeholder yang mensukseskan dan mendorong sampai pada pelantikan.

 

(ADV/In)