oleh

Hampir 1000 Peserta Ikut Assesment di PD Pasar

MANADO – PD Pasar Kota Manado membuat sejarah baru, hampir 1000 peserta mengikuti assessment uji kesehatan mental dengan melibatkan tim assessment dokter-dokter bagian psikiater dari RS Prof Kandouw yang dimotori oleh dr Anita Dundu.

PD Pasar Kota Manado di bawah nahkoda dr Roland Roeroe melakukan penerimaan karyawan dan seleksi jabatan terbuka dengan menggelar assessment terbesar. Setelah beberapa hari lalu menggelar assessment untuk top manajemen, hari ini Selasa (29/06/21) kembali menggelar assessment untuk seluruh karyawan yang dibagi dalam dua sesi yang dilaksanakan di SMAN 2 Manado.

Direktur Utama PD Pasar Kota Manado Dr Roland Roeroe dihadapan ratusan peserta yang begitu antusias mengikuti assessment tersebut mengatakan ini adalah bagian bersejarah dari PD Pasar Kota Manado.

Namun kata Roeroe,  ini bukan gagah-gagahan, bukan melakukan sesuatu yang hanya gaya saja atau sebuah formalitas saja, tetapi ini adalah bagian dari tahapan-tahapan menentukan kesuksesan perusahaan yang perlu di proses seperti pemasukan berkas sampai pada hari ini dalam tes assessment.

“Kenapa ini harus dilakukan? karena berdasarkan hasil audit internal dari manajemen sekarang maupun audit eksternal dari inspektorat Kota Manado maka sudah ditetapkan PD Pasar Kota Manado tidak dalam kondisi sehat,” ungkap Roeroe.

Lagi kata Roeroe, kenapa tidak sehat? karena besar pasak daripada tiang atau pengeluarannya sangat jauh melebihi dari batas-batas pengeluaran perusahaan. Dimana pengeluaran rutinnya jauh sekali dari pemasukan yang ada.

“Ada beberapa bulan gaji di jaman manajemen lalu itu menjadi tunggakkan atau tidak terbayarkan karena begitulah kondisi PD Pasar Kota Manado saat, ini dimana PD Pasar ini sangat sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya kondisi seperti ini yang juga sudah di periksa oleh inspektorat Kota Manado maka manajemen menetapkan perlu adanya restrukturisasi dan ini bukan selera keputusan manajemen saat ini tetapi atas dasar kajian yang dalam perintah Undang-Undang yang berkaku di negara ini melalui Peraturan pemerintah Nomor 54 Tahun 2017.

Untuk itu menurut Roeroe, asessmen ini adalah salahsatu bagian dari restrukturisasi  dimana sudah ditetapkan bahwa dalam proses restrukturisasi sesuai dengan amanat undang-undang  Peraturan Pemerintah (PP) No 54 Tahun 2017 menganai BUMN/BUMD bahwa reskstrukturisasi bisa dilaksanakan di perusahaan BUMD apabila perusahaan tidak sehat maka resktrukturisasi wajib dilaksanakan.

Terkait hal tersebut, lanjut Roeroe,  pihaknya dalam hal ini PD Pasar sudah menetapkan rekstrukturisasi ini terdiri dari 3 hal besar, pertama reorganisasi artinya mengorganisasi kembali struktur jabatan, tugas pokok dan fungsi dari karyawan, yang kedua rasionalisasi artinya menghitung kebutuhan perusahaan untuk karyawan. dan yang ketiga perlu diadakan revolusi mental untuk menata kembali integritas pengelolaan PD Pasar ini.

Apa itu revolusi mental? Kita harus tahu cara berpikir kita yang sebenar-benarnya, tujuan, motivasi saya kerja di PD Pasar ini apa? Saudara-saudara mungkin dititip oleh beberapa orang bahkan orang hebat dan itu tidak masalah dan sah-sah saja atau normal-normal saja.

“Tapi saya mau ingatkan kepada saudara sekalian bahwa saudara di tempatkan untuk kerja di PD Pasar mengikuti proses-proses kajian perusahaan profesional itu sudah pasti untuk mendukung visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr Richard Sualang yaitu menjadikan pasar yang profesional, untuk mendapatkan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli dan itu adalah profesional,” ucapnya.

Profesional ini artinya mengelola PD Pasar sebagaimana perusahaan semestinya, jadi harus ada tahapan-tahapan profesionalitas seperti saat ini yaitu rekrutmen.

Untuk itu Roeroe berharap jika saudara-saudara di perkenankan Tuhan lolos menjadi karyawan PD Pasar Kota Manado, sayangilah Kota Manado, sayangilah PD Pasar ini, pikirkan untuk kepentingan orang banyak, pikirkan untuk masyarakat karena saudara yang duduk disini masyarakat yang berikan gaji, jangan berpikir untuk diri sendiri, atau kepentingan kelompok.

“Mari kita revolusi mental letakkan kembali yang benar atur integritas PD Pasar ini, saudara-saudara akan ikut tes bukan test ujian tetulis misalnya mau cari siapa yang pinter atau siapa ijasah tinggi bagi saya mau dia ijasah SD,SMP, SMA Sarjana S1, S2, S3 belum tentu siapa yang lebih tinggi atitudenya atau etika. Bisa saja yang tamat SD lebih tinggi etikanya,” bebernya.

“Makanya saudara-saudara saat ini berhadapan dengan tim assessment, kalau kemarin dari HIMPSI saat ini kalian berhadapan dengan dokter-dokter dari bagian psikiater dari RS Prof Kandouw, dr Anita Dundu dkk akan mengetes saudara-saudara dalam uji kesehatan mental,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Dewan Pengawas PD Pasar Kota Manado Novie Lumowa dalam sambutaanya berharap moment bersejarah ini menghasilkan yang terbaik. Dan terimakasih untuk para karyawan yang lama maupun para pendaftar untuk ikut dan hadir ditempat ini, ini sangat luar biasa.

“Atensi saudara-saudara kami hormati, tapi yang paling pokok adalah hasilkan yang terbaik sesuai dengan kemampuan saudara-saudara, yang pasti penilaian akan objektif dari pihak direksi, karena wewenang sepenuhnya ada di pihak direksi,” tutur Lumowa. (redaksi)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed