oleh

Perumda Pasar Bitung ‘Belajar’ di PD Pasar Manado

MANADO – Direksi Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Pasar Kota Bitung mengunjungi PD Pasar Kota Manado dan ini untuk kedua kalinya.

Maksud kedatangan elit di Perumda Pasar Bitung tersebut adalah untuk belajar terkait bagaimana pengelolaan manajemen pasar yang profesional dan berbagai hal yang terkait dengan pengembangan pasar.

Rombongan diterima langsung oleh Dirut PD Pasar Kota Manado Dr Roland Roeore, Direktur Umum Lucky Senduk  Direktur Operasional Irving Biki dan Direktur Pengembangan Jefry Salilo di Kantor Pusat PD Pasar Kota Manado ‘New Bendar 45 Shopping Centre, Kamis (28/10/21).

Direktur Umum PD Pasar Kota Manado Lucky Senduk menjelaskan kunjungan Perumda Pasar Kota Bitung sama seperti kunjungan PD Pasar Kota Tomohon kemarin, yaitu ingin saling belajar dan tukar pikiran dengan PD Pasar Kota Manado.

“Ada beberapa hal yang diambil dari PD Pasar Manado seperti pengelolaan pasar, ternyata di Bitung Perdanya include atau sudah termasuk dengan Perda Pendirian Pasar sehingga tidak ada Perda Pengelolaan Pasar,” terang Senduk.

Untuk itu, lanjut Senduk pihaknya sudah memberikan atau menyampaikan contoh Perda Pengelolaan Pasar sehingga mereka bisa melihat dari Perda tersebut sehingga bisa mengelola Perumda Pasar Bitung dengan profesional. Termasuk juga digitalisasi parkir dan retribusi yang membuat mereka tertarik dengan apa yang sudah dilakukan oleh PD Pasar Kota Manado.

“Mereka juga tertarik dengan bank sampah seperti yang sudah dilakukan di PD Pasar Kota Manado intinya banyak hal yang diadopsi dari PD Pasar Manado untuk diterapkan di Perumda Pasar Kota Bitung,” jelasnya.

Direktur Utama Perumda Pasar Kota Bitung Drs Harto Kahiking saat diwawancarai media tak menampik bahwa banyak hal yang didapat dari PD Pasar Manado untuk kemudian diterapkan di Bitung.

“Untuk itu saat sharing dengan Direksi PD Pasar Kota Manado banyak sekali hal-hal yang kami dapat, terutama informasi mengenai program KBH atau kerjasama Bagi Hasil. Mudah-mudahan ini menjadi bekal bagi kami untuk diterapkan di Bitung karena ada beberapa potensi di Bitung termasuk aset yang sampai hari ini masih terbengkalai  atau belum digunakan dan itu akan kami  lakukan kerjasama bagi hasil sehingga ini akan menambah potensi Perumda Pasar Kota Bitung,” tutur Kahiking.

Menurutnya kunjungan ke PD Pasar Manado karena perkembangannya sangat luar biasa jika dibandingkan dengan Perusahaan pasar yang lain dan PD Pasar Manado patut dicontohi oleh Perusahaan Pasar di Sulut, dan ini objektif  dengan melihat seluruh potensi yang ada di sini

“Oleh sebab itu sekali lagi atas nama Perumda Pasar Kota Bitung kami menyampaikan terimakasih salut kepada PD Pasar Kota Manado yang luar biasa,” tandasnya.

Turut hadir bersama dalam kunjungan ini Direktur Umum dan Keuangan Perumda Pasar Kota Bitung Tasman Balak, S.Sos, Direktur Operasional Ir Viktor Turambi, Ketua Dewan Pengawas Franky Ladi, Anggota Dewas Ronny Gosal, SPd, Masri Kere, Kabid Keuangan dan Umum Desgree Wullur,SE dan Kasubid Umum Mewa Patuwoh SAB. (denny)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *