Roadshow Nextdev 2022 di Manado, Telkomsel Perkuat Fundamental Startup Digital

Manado, Sulut52 Dilihat

Katabrita – Telkomsel menghadirkan program Roadshow NextDev 2022 yang mengusung tema “Empowering Digital Ecosystem through Sustainability” di Manado (3/11) 2022.

Nextdev sendiri merupakan program CSR unggulan Telkomsel untuk membantu mengembangkan perusahaan rintisan tahap awal di Indonesia dalam meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan potensi di sektor digital.

Pada tahun 2022 ini, NextDev membuka peluang bagi startup digital di sektor game & gaming platform, Health & Education, Tourism & Creative Economy, serta Green & Clean Tech untuk ambil bagian dalam meningkatkan fundamental bisnisnya.

Dengan adanya program CSR ini  Telkomsel mengukuhkan komitmennya sebagai Leader of Digital Telco Enabler di Indonesia.

Adapun tujuan Telkomsel menghadirkan program NextDev 2022 #SustainBeyondExpectation yakni untuk memperkuat fundamental startup digital Indonesia untuk dapat berkembang secara berkelanjutan melalui pendampingan dalam meningkatkan pengetahuan, skill, serta pemanfaatan teknologi digital terdepan.

Manager Telkomsel Branch Manado Jefri ES Kamudi mengatakan Telkomsel melalui NextDev 2022 hadir sebagai wadah bagi para pelaku atau perusahaan yang merintis ditahap awal (early-stage startup) dan para talenta digital agar bisa bersama-sama meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan potensi diri mereka.

“Dengan mengikuti program tersebut dapat menguatkan fundamental startup digital Indonesia agar bisa membantu mengembangkan solusi inovatif berbasis digital.” ujar Kamudi didampingi General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel – Andry P Santoso dan Manager CSR Education & Public Community Development Telkomsel – Hadi Sucipto.

Dia menambahkan, sejak dihadirkan pada tahun 2015, NextDev telah memantapkan posisinya sebagai program CSR unggulan Telkomsel untuk membantu mengembangkan perusahaan rintisan tahap awal di Indonesia dalam meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan potensi di sektor digital.

Maka dari itu, katanya sebagai upaya dalam mempertegas komitmen tersebut, Telkomsel terus melakukan evaluasi berkelanjutan guna memberikan dukungan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan startup terkini. Salah satu transformasi yang dilakukan yaitu mengubah fokus pada tahun ini untuk membenahi fundamental startup, yaitu dengan lebih meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam menjalankan bisnis digital yang tepat serta adaptif terhadap perubahan.

Dengan demikian, startup-startup Tanah Air akan memiliki fondasi yang lebih kokoh agar dapat tumbuh secara berkelanjutan serta membuka semua potensi kemajuan dengan lebih optimal.

“NextDev 2022 kini didesain sebagai enabler bagi startup digital tahap awal (early stage startup) di Indonesia guna memiliki fundamental yang kuat sekaligus menjadi pintu awal bagi ekosistem pemberdayaan startup digital berkelanjutan yang dimiliki Telkomsel, seperti di antaranya Tinc sebagai wadah pengembangan (akselerator) startup, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang mendukung stabilitas startup melalui investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang, serta INDICO sebagai anak usaha Telkomsel yang menjadi holding company untuk generator inovasi digital yang akan membantu pertumbuhan bisnis secara terukur dengan memaksimalkan value creation dalam pengembangan produk, inkubasi bisnis, dan investasi strategis,” jelasnya.

“Melalui NextDev 2022, Telkomsel membuka semua peluang bagi para digitalpreneur di Indonesia supaya berkembang menjadi generasi muda pengguna teknologi digital yang kreatif, cakap digital dan bermental wirausaha. Mari kita bersama sama mewujudkan ekosistem digital Indonesia yang terus berkembang secara konsisten hingga dapat membangkitkan lebih banyak Unicorn startup digital di Indonesia” pungkas Jefri.

Sementara itu, Manager CSR Education & Public Community Development Telkomsel – Hadi Sucipto berharap, pemenang Nextdev 2022 adalah dari Kota Manado.

“Kami berharap untuk pemenang pada Nextdev 2022 ini datangnya dari Kota Manado,” harap Sucipto

Disisi lain, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel – Andry P Santoso mengatakan program yang sudah ada sejak delapan tahun lalu ini adalah murni bantuan CSR.

“Nextdev ini murni bantuan CSR dari Telkomsel, kami memberikan bantuan dana dan tidak akan meminta kembali dana atau keuntungan apabila starup mereka memperoleh profit,” jelas Santoso.

Untuk diketahui, usai sosialisasi kegiatan tersebut, juga dihadirkan sebagai narasumber talkshow yaitu Roland Candra – Chief Product Officer Digital Hunter serta Local Hero dari Manado Patrice Sagay, CEO Satu Tampaa dan Orion Solang – Software Engineer at Jenius (Bank BTPN).

(**indah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *