Dukcapil Tomohon Mengutamakan Pelayanan Prima

Tomohon22 Dilihat

-KB.COM-Rabu (17/5/2023) Pelayanan pengurusan semua dokumen kependudukan secara gratis bagi warga Kota Tomohon.

Hal itu, kata Kepala Dinas Dukcapil Albert J.Tulus SH, merupakan wujud dari mengimplementasikan visi misi Wali Kota Caroll Senduk – Wakil Wali Kota Wenny Lumentut (CSWL), salah satunya pelayanan prima kepada masyarakat dari lahir sampai mati.

“Serta mengimplementasikan program Tomohon Smart City,” terang Tulus saat konferensi pers bersama Kadis PTSP Aneka Maindoka SE yang dipandu Kabag Prokopim Christo Kalumata.

Tulus memaparkan sejak tahun 2019 Dinas Dukcapil telah menerapkan sistim pelayanan secara online dan di era CSWL pelayanan diberikan lewat aplikasi SLOATH.

“Sistem ini sangat memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan sebab masyarakat tak perlu lagi datang ke kantor Capil cukup dari rumah saja,” ujarnya.

Sistim ini, lanjutnya, bahkan mempersilakan warga untuk melakukan pengurusan dokumen dari rumah.

“Bagi masyarakat yang punya hand phone android dan memiliki printer bisa print di rumah saja Jika tidak ada printer atau belum punya android bisa dicetek di Kelurahan,” ucapnya.

Menurutnya, di Sulut, baru di Kota Tomohon yang bisa melakukan cetak mandiri oleh masyarakat.

Untuk bayi yang baru lahir di Puskesmas atau di Rumah sakit, lanjut Tulus, langsung menerima dokumen akta kelahiran dan KK Baru Dukcapil Tomohon.

“Di tempat tempat tersebut kita tempatkan petugas registrasi yang siap melayani secara online dan semua itu, katanya, dilayani secara gratis tanpa pungut biaya sepeserpun.” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *