Pemkot Tomohon Kembali Dapat WTP Ke-11 Kali Berturut-Turut

Tomohon42 Dilihat

-KATABRITA.COM-Di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (8/5/2024), dilaksanakan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Thn 2023 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara.

Dari hasil laporan Keuangan Pemerintah Daerah Thn Anggaran 2023, Pemerintah Kota Tomohon mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kesebelas berturut-turut.

Kepala perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara DR. Arief Fadillah, SE mengatakan pemeriksaan atas laporan keuangan adalah bagian dari tugas konstitusional BPK, dimana penyerahan LHP ini merupakan rangkaian akhir dari proses Pemeriksaan.

Pasal 17 Undang-undang Nomor 15 Tahun 2004 mengamanatkan kepada BPK untuk menyerahkan LHP kepada lembaga perwakilan, dan pimpinan entitas sesuai dengan kewenangannya.

Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon beserta jajarannya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan. Capaian ini tidak terlepas dari sinergi yang efektif dari seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD dalam pelaksanaan fungsi pengawasan.

Kami berharap pada tahun 2024 ini, Pemerintah Daerah dapat terus meningkatkan capaian indikator kesejahteraan rakyat, perolehan Opini “Wajar Tanpa Pengecualian” akan sia-sia jika kesejahteraan rakyat belum tercapai, terang Arif Fadilah.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, SH menyampaikan suatu kembanggakan bagi pemerintah Kota Tomohon karena telah menerima kesebelas kalinya berturut-turut mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tomohon Tahun Anggaran 2023. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga kita bisa mendapat opini WTP kesebelas kalinya berturut-turut.

Kami Pemerintah Kota Tomohon mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sulut atas sinergitas yang telah terwujud selama pemeriksaan yang dilakukan juga kami memberikan Apresiasi kepada BPKP Perwakilan Sulut yang telah mendampingi Pemerintah Kota Tomohon dalam Penyusunan LKPD, dan seluruh Jajaran Pemkot yang telah berkontribusi sehingga boleh memperolah Opini WTP kesebelas kali, jelas Caroll.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kota Tomohon Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, SE mengatakan kami patut mengucapkan Terima kasih kepada kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara bersama jajaran, atas pelaksanaan pemeriksaan di Kota Tomohon. Semoga hasil pemeriksaan ini dapat menjadi motivasi bagi kami jajaran pemerintahan Kota Tomohon, baik Pemerintah Daerah maupun DPRD, agar kedepannya lebih baik lagi. Kali akan terus menindaklanjuti dan melakukan pemantauan serta pengawasan atas catatan dan rekomendasi yang diberikan oleh BPK.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar, SH, Pelaksana Tugas Ketua DPRD kab. minahasa selatan Stefanus Lumowa, SE, Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring , SE, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Glady Kawatu, SH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *