oleh

WL Dampingi CS Tutup kegiatan In House Training Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD)

-Tomohon-370 views

-KB.COM-Walikota Tomohon Caroll Senduk, SH didampingi Wakil Walikota Wenny Lumentut, SE pada Jumat (5/3/2021) menutup semua kegiatan In House Training Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Modul Penatausahaan Keuangan Daerah, yang digelar di Mercure Manado Tateli Resort and Convention.

Senduk dalam sambutanya mengatakan terpenting dalam pengelolaan keuangan daerah adalah transparansi dan akutantabilitas di bidang pengelolaan keuangan dan pertanggungjawabannya serta peningkatan sistem itu sendiri.

Setiap pejabat pengelola keuangan masing-masing SKPD diharapkan dapat menciptakan pengendalian manajemen yang semakin efektif dan efisein, guna menjamin pencapaian tujuan organisasi, keamanan sumber dana yang dikelola.

penggunaan aplikasi SIPD sangat membantu pemerintah dalam pelaksanaan penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan daerah sehingga bermuara pada terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good governance and clean government).

Kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, yaitu dengan mewujudkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam menghasilkan pertanggungjawaban keuangan yang disusun secara akurat,
dimana Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai salah satu entitas pelaporan keuangan daerah yang merupakan bagian dari entitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), yang sangat mempengaruhi pemberian Opini BPK RI. Ketaatan kita terhadap pengelolaan keuangan sesuai ketentuan, diharapkan mampu mempertahankan Opini WTP, jelas Senduk.

Ditambahkan, Lumentut kegiatan ini sangat diharapkan bagi para peserta agar dapat mengedepankan integritas, disiplin berkaitan dengan pengelolaan keuangan sehingga Kota Tomohon akan terus mendapatkan penilaian yang baik dalam hal pengelolaan keuangan.

Tupoksi para pengelola keuangan agar tetap taat aturan sehingga kedepan tidak akan menemui permasalahan. Semoga kegiatan ini akan memberi manfaat bagi para peserta, ucap WL.

Hadir sebagai narasumber ketua tim SIPD Kementerian Dalam Negeri Didik Joko Gagat Sidi Wahono dan Kaban Keuangan Geraldus Mogi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *