Pionir Dalam Inovasi Digital Perbankan di Indonesia, CIMB Niaga Mampu Bertahan dan Makin Maju

Katabrita – PT. Bank CIMB Niaga Tbk memiliki perjalanan panjang hingga bisa sampai pada titik ini, di era digital semakin naik level dibidang Perbankan.

Bank CIMB Niaga yang berdiri pada tanggal 26 September 1955 dengan nama Bank Niaga ini turut berperan untuk memajukan Indonesia melalui inovasi-inovasinya terutama dalam inovasi Digital.

Pada dekade awal berdiri, Bank yang baru saja merayakan HUT ke-68 ini fokus utamanya adalah untuk membangun nilai-nilai inti dan profesionalisme di bidang perbankan. Sebagai hasilnya, Bank Niaga ini dikenal luas sebagai penyedia produk dan layanan berkualitas yang terpercaya.

Pada tahun 1987, Bank Niaga membedakan dirinya dari para pesaingnya di pasar domestik dengan menjadi Bank yang pertama menawarkan nasabahnya untuk layanan perbankan melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Indonesia.

Pencapaian pada saat itulah dikenal luas sebagai masuknya Indonesia ke dunia perbankan modern. Kepemimpinan Bank dalam penerapan teknologi terkini semakin dikenal di tahun 1991 dengan menjadi yang pertama memberikan nasabahnya layanan perbankan online.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga sangat konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan.

Dalam mengimplementasi inovasi digital banking, CIMB Niaga yang juga adalah Bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini merupakan salah satu lembaga perbankan di Indonesia yang secara aktif mengembangkan potensi digital banking demi memberikan kemudahan dan kenyamanan pada kebutuhan transaksi perbankan Anda. Berikut adalah inovasi digital banking yang sudah diluncurkan oleh CIMB Niaga :

OCTO Mobile

OCTO Mobile merupakan sebuah aplikasi digital banking yang dikembangkan oleh CIMB Niaga untuk memudahkan nasabahnya melakukan transaksi perbankan kapan pun dan di mana pun.

Dengan tujuan tersebut, maka OCTO Mobile saat ini dikenal sebagai One stop mobile financial solution yang dilengkapi dengan beragam fitur canggih yang bisa Anda andalkan untuk keperluan transaksi perbankan sehari-hari. OCTO Mobile memiliki fitur esensial, seperti cek saldo, transfer uang, pembayaran tagihan, hingga pembelian aset investasi.

Saat ini pengguna OCTO Mobile hingga 2,8 juta nasabah, adapun transaksi yang dilakukan melalui OCTO Mobile ini mencapai 139 juta transaksi yang tumbuh sebesar 87,2% per 30 September 2022 year on year (yoy).

OCTO Clicks

CIMB Niaga menghadirkan OCTO clicka bagi nasabah yang cenderung beraktivitas menggunakan komputer atau laptop. Salah satu inovasi digital banking dari CIMB Niaga ini juga memiliki fitur perbankan esensial lengkap mulai dari transfer dalam dan luar negeri, bayar tagihan, hingga pembukaan rekening deposito dan reksa dana. Bagi Anda yang gemar berbelanja online di situs e-commerce luar negeri, Anda juga bisa melakukan aktivasi Virtual Card Number (VCN) melalui OCTO Clicks di berbagai merchant yang menerima pembayaran MasterCard.

Digital Lounge

Digital banking tidak hanya hadir di ranah dunia maya saja. Di dunia nyata sendiri, seperti kantor cabang juga mendapatkan treatment digitalisasi. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya Digital Lounge dari CIMB Niaga. Digital Lounge dinilai sebagai kantor cabang masa depan yang memberikan pelayanan berbasis digital dan teknologi kepada nasabah.

Lokasi Digital Lounge dari CIMB Niaga juga mudah ditemukan di pusat perbelanjaan hingga kawasan pendidikan, seperti kampus. Hal ini dilakukan dalam memberikan kemudahan bagi para nasabah yang ingin mendapatkan pelayanan bank di waktu yang lebih fleksibel. Layanan perbankan dari Digital Lounge ini juga dilakukan secara mandiri melalui mesin Self Service Banking untuk membuka rekening baru, pengkinian data nasabah terbaru, hingga penggantian kartu debit yang membutuhkan waktu selama 5 menit saja.

Contact Center

Digital banking juga memberikan peluang untuk mengembangkan layanan pelanggan jadi lebih mudah dan tanpa batas. Bagi yang membutuhkan layanan konsumen dalam keadaan apapun, kini sebagai nasabah CIMB Niaga Anda bisa menghubungi contact center secara online dan bebas biaya pulsa. hanya memerlukan membuka aplikasi OCTO Mobile untuk terhubung dengan layanan konsumen yang tersedia melalui VOIP call dan juga live chat. Sebagaimana yang diketahui, kerap kali layanan konsumen hanya bisa dihubungi melalui nomor telepon premium yang cukup memakan banyak pulsa atau tagihan telepon.

Namun, dengan inovasi yang ditawarkan oleh CIMB Niaga melalui VOIP call dan live chat, kini Anda bisa merasakan layanan konsumen secara onine. Selain itu, layanan konsumen CIMB Niaga juga bisa dihubungi melalui akun media sosial resmi.

Inovasi digital banking dari CIMB Niaga seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Digital Lounge, dan juga Contact Center tersebut merupakan sebagian dari layanan personal banking yang ditawarkan.

Atas prestasi-prestasi yang telah diukir, baru-baru ini CIMB Niaga berhasil meraih 12 penghargaan pada ajang “12th Infobank Digital Brand Recognition 2023”.

Sebagai salah satu pionir dalam digitalisasi Perbankan, CIMB Niaga diakui sebagai salah satu bank terbaik dalam melakukan promosi brand perusahaan (corporate brand) dan brand produk (product brand) secara digital selama setahun terakhir (2022-2023).

 

(**Indah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *