Dukung Kegiatan BUMN Environmental Movement, Pegadaian Bersama Warga Bersihkan Pantai LOS Manado 

Ekonomi76 Dilihat

Katabrita – PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) V Manado kembali ikut berperan serta dalam kegiatan BUMN Environmental Movement. Kali ini mengajak warga melakukan kegiatan bakti sosial bersih-bersih kawasan Pantai LOS (Lorong Orang Sanger) Malalayang Satu Timur, Jumat (25/8) 2023.

Puluhan karyawan Pegadaian ini, bersama warga Kelurahan Malalayang Satu Timur (Malsatim), bahu membahu membersihkan area sungai dan pantai dari tumpukan sampah menggunakan peralatan yang disiapkan PT Pegadaian.

Pimpinan Wilayah Pegadaian Kanwil V Manado, Erwin Inkiriwang menjelaskan, kegiatan bersih-bersih pantai dan sungai ini diikuti oleh milenial BUMN, komunitas sosial, dan masyarakat setempat.

“Ini merupakan gerakan kepedulian lingkungan yang dilakukan oleh BUMN untuk bumi yang lebih baik dengan melakukan pembersihan sampah,” ujarnya.

Selain Pegadaian, aksi sosial ini melibatkan kaum milenial BUMN diantaranya dari PNM, AirNav, Bank Mandiri, dan PLN.

“Seluruh perusahaan BUMN di Manado ikut ambil bagian. Jadi membersihkan lingkungan terutama dari sampah plastik, ” ungkap Edwin.

Ia juga menjelaskan, Pegadaian menggandeng Plustik, sebuah perusahaan pengolahan sampah bernilai rendah, untuk dijadikan barang baru yang sustainable.

“Aksi bersih-bersih pantai ini berhasil mengumpulkan 30 an kantong sampah, yang akan diangkut ke bank sampah,” tuturnya.

Erwin berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif ke lingkungan dan masyarakat sekitar pesisir Pantai Los.

“Tujuannya selain untuk membersihkan lingkungan juga diharapkan memberikan manfaat terutama untuk kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Dirinya menilai, sampah di pesisir Pantai Los bukan sepenuhnya dari warga Los, tapi kebanyakan merupakan sampah kiriman dari laut.

“Kami menghimbau kepada warga Manado khususnya di daerah aliran Sungai Sario, jangan membuang sampah ke sungai,” ucapnya.

Sementara itu diungkapkan Lurah Malsatim, Meilina Mamitoho, penanganan sampah di Pantai Los, dilakukan dengan memasang kubus terapung.

“Jadi tiap hari pihak DLH mengangkut sampah yang tersangkut di kubus,” katanya

 

(**Indah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *