oleh

Sitompul Tutup Kegiatan PKPA, Rolly Toreh : Profesi Advokat Adalah Seni Profesi Yang Mulia

-Manado-639 views

-KB.COM-Bertempat di Hotel Yuta Manado dilaksanakan penutupan kegiatan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Sulawesi Utara, Rabu (22/4/2021).

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua DPN Peradi Bidang Pendidikan Shalih Mangara Sitompul, SH, MH, yang didampingi oleh Ketua DPC Peradi Manado Piet Kangihade mewakili Ketua Umum DPN Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH, MM.

Kegiatan PKPA ini berlangsung selama 8 hari (12-21 April 2021) yang diikuti 38 peserta dari berbagai unsur pensiunan Jaksa, Polri, Swasta, Legal Bumn dan Lulusan Fakultas.

Ketua DPC Peradi Manado Piet Kangihade, SH, didampingi Sekretaris Tim Pelaksana Rolly Toreh, SH pada kesempatan itu mengatakan PKPA adalah suatu langkah awal untuk menjadi seorang advokat harus melalui beberapa tahapan calon advokasi agar dapat dinyatakan sah dan dapat membuka kantor sendiri. Setelah PKPA, calon advokat harus menempuh Ujian Serentak Nasional dari DPN Peradi. ada yang lulus dan ada juga yang tidak.
Setelah itu ada penyumpahan janji dan sumpah di Pengadilan Tinggi Manado, bagi yang lulus ujian, ucap Kangihade.

Kangihade juga mengharapkan semakin banyak advokat akan membantu pencari keadilan agar dapat memperoleh kepastian dan keadilan hukum secara proses litigasi dan non litigasi, harapnya.

Ditambahkan, Rolly Toreh, SH
Profesi advokat adalah seni profesi yang mulia, Offcium nobile untuk terus belajar dan tetap melayani. Sebab setiap orang adalah guru, dan setiap tempat adalah belajar.

PKPA (Pendidikan untuk dapat diangkat menjadi advokat seperti :
1. Mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat.
2. Mengikuti Ujian Profesi Advokat
3. Mengikuti magang di kantor advokat sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun secara terus-menerus di kantor advokat.
4. Pengangkatan dan Sumpah Advokat di Pengadilan Tinggi.

PKPA dilaksanakan oleh organisasi advokat dan yang dapat mengikuti PKPA adalah sarjana yang berlatar belakang/lulusan (lihat penjelasan Pasal 2 ayat [1] UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat).

“PERADI Manado kerja sama dengan Mitra Pelaksana Universitas Katolik De La Salle Manado”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *