Caroll Senduk Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Tomohon

Tomohon2382 Dilihat

TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon menggelar upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lapangan Kantor Walikota, Sabtu (01/06/24).

Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH tampil sebagai inspektur upacara (Irup) dan membacakan teks Pancasila.

Wali Kota Caroll Senduk saat membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI mengatakan pada hari ini 1 Juni 2024 kita memperingati hari lahir Pancasila.

Hari ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Usaha Kemerdekaan (BPUPK)

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan  suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan bardaulat.

” Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara,” ujar Andrei Angouw mengutip pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Yudian Wahyudi.

Lanjut Senduk, keberadaan Pancasila merupakan Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong-royong.

Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhineka Tinggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ” tandasnya.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.

Nampak hadir Sekretaris daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Mewakili Kejaksaan Negeri Tomohon Kasi Intel Dedykarto Ansiga, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, ASN dan Tenaga Kotrak di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon. (denny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *