oleh

Ingin Kembangkan Sektor Pertanian Di Kampungnya, Norman Ditubun Belajar Pertanian Di Rurukan

-Tomohon-138 views

-KB.COM-Lurah Rurukan Satu Denny Watupongoh, SIP didampingi Sekretaris dan pembantu Sekretaris Denny Kaunang, menyambut baik kunjungan Studi Tiru bidang pertanian (Holtikultura) Kampung Nawaripi Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Selasa (6/9/2022).

Rombongan berjumlah 9 orang dipimpin langsung Kepala Kampung Nawaripi Norman Ditubun bersama Aparat Kampung, Anggota BumDes Nawaripi dan Dinas Pemberdayaan Kampung Kabupaten Mimika.

Di Kantor Kelurahan, Norman Ditubun mengatakan kita ke sini ( Rurukan) untuk belajar tentang pertanian karna saya ingin kembangkan Kampung saya lebih baik di bidang Holtikultura.

“Saya lihat di google Rurukan Tomohon ini sangat dikenal dengan Sektor Pertanianya”, ucapnya.

Ditambahkanya, teringat, beberapa tahun lalu, saya pernah sosialisasi pupuk organik di sini karna itu saya tau persis potensi pertanian di Rurukan ini.

“Saya lihat terutama sayur mayur di sini sangat bagus sekali dan dikenal. Di daerah Papua, Mimika, Sorong itu kalau ada sayur masuk saya tanya pasti itu berasal dari Rurukan dan modoinding Sulawesi Utara”, terangnya.

Lanjut Norman, kita akan lihat jenis-jenis tanaman apa yang akan kita kembangkan di kampung kami. Karna faktor alam disini dan di Papua sangat berbeda. kita akan coba  kembangkan tanaman Sayur Kol, Rica Tomat tapi untuk Wortel kita akan pelajari dulu,

Kita akan fokus pada tanaman Cabe, Terong, Labu dan mana yang bisa kita kembangkan nanti itu yang kita fokus. Selain itu, kedepan direncanakan akan buat kerja sama antara Kampung Nawaripi dan Kelurahan Rurukan Satu Tomohon.

“Kalau ini berjalan baik pasti kita akan ada kerja sama penjualan sayur, Rencananya kita akan minta suplai sayur dari Rurukan untuk dijual ke Mimika,” tukasnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *