oleh

Sambutan Gubernur Olly Dibacakan Caroll & Wenny Di Tahun Baru

-Tomohon-154 views

-KB.COM-Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, SH bersama dan bersama istri drg. Jeand’arc Karundeng mengikuti ibadah Tahun Baru 1 Januari 2022 di Jemaat GMIM Kakaskasen Pniel, Sabtu (1/1).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tomohon membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Tomohon mengucapkan selamat Tahun Baru 2022 kepada kita semua, ucap Senduk.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut, SE bersama Istri Eleonora Lumentut-Sangi dan anak-anak mengikuti Misa Tahun Baru sekaligus Misa Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah di Gereja Katolik Bunda Hati Kudus Yesus Woloan,
Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Pastor Yoseph Weliken, MSC.

Wakil Wali Kota Lumentut turut membacakan  juga sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE.

Lumentut mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, atas nama Pemerintah mengucapkan selamat Tahun Baru 2022 kepada kita semua.

Gubernur Olly dalam isi sambutannya mengharapkan kiranya aktivitas kehidupan kita akan semakin pulih di Tahun 2022, dan kita dapat melakukan tindakan- tindakan yang lebih baik lagi dalam kehidupan bermasyarakat, dan juga bagi pembangunan daerah.

Meskipun kehidupan kita masih diselimuti pandemi COVID-19, kita bersyukur karena kita masih mampu menjaga stabilitas di daerah ini, bahkan tercatat cukup banyak capaian, progres pembangunan, dan prestasi yang kita raih bersama sepanjang tahun 2021, antara lain perekonomian daerah yang tetap bertumbuh.

Setelah tahun 2020 mengalami kontraksi, pada tahun 2021 Pertumbuhan Ekonomi Sulut semakin membaik, dimana secara kumulatif pada Triwulan 3 tahun 2021 mencapai 4,45%. NTP (Nilai Tukar Petani) dan NTUP (Nilai Tukar Usaha Pertanian) Sulawesi Utara di tahun 2021 rata-rata mengalami peningkatan, dimana pada bulan November NTP mencapai 110,80 sementara NTUP 110,55.

Disamping itu, di tahun 2021 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mampu meningkatkan dan menjaga Harga Komoditas Cengkih pada angka Rp.125.000,- per kg (untuk Cengkih), dan Rp.14.000,- per kg (untuk Kopra).
Kita semua, segenap komponen pembangunan di daerah ini, juga tetap konsisten melakukan ekspor komoditi unggulan, diantaranya pada Agustus 2021, Sulawesi Utara melepas ekspor dengan enam komoditi, senilai 63 Miliar Rupiah dari Pelabuhan Bitung.

Disisi lain, pencapaian yang kita raih di tahun 2021, yakni: opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Dimana dengan raihan itu, membuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berhasil mendapatkan WTP tujuh kali berturut-turut, sebagai bukti bukti komitmen Pemerintah di daerah yang senantiasa mengutamakan transparansi dalam pengelolaan keuangan.

Disamping itu, Sulut meraih predikat kedua dalam upaya pencegahan korupsi di Indonesia, yakni pencapaian Monitoring Control for Prevention (MCP) atau pemantauan kontrol untuk pencegahan.
Tidak sampai disitu, progres pembangunan dan kemajuan daerah juga berhasil kita tunjukkan di tahun 2021, yang ditandai antara lain dengan: diresmikannya RSUD Provinsi, Rumah Sakit Khusus Mata, dan RSJ Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang; diresmikannya SMA Negeri 1 Guru Lombok di Minut; dan pengerjaan tuntas dan beroperasinya Jalan Tol Manado-Bitung 100%.
Di tahun 2021, kegiatan-kegiatan dalam hal pengendalian dan percepatan penanggulangan pandemi COVID-19 juga secara konsisten kita lakukan.

 

Hingga kita, berhasil menekan laju transmisi corona, meski Bandara Sam Ratulangi dipercayakan sebagai salah satu dari dua Bandara yang menjadi pintu masuk Penerbangan Luar Negeri ke Indonesia.

Karna upaya bersama, kerja bersama dan saling dukung di tahun 2021, angka kasus aktif menurun jauh, angka kesembuhan meningkat. Vaksinasi pun dapat kita kebut dan berhasil mencapai target.
Lewat momentum pergantian tahun ini, Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Masyarakat Sulawesi Utara atas dukungan, kontribusi dan karya nyata yang diberikan, dan mendukung upaya, program, kegiatan hingga kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Menjadi harapan, momentum ini dapat kita maknai sebagai momentum refleksi iman untuk menjalani kehidupan kita kedepan, di tahun penuh harapan, di tahun 2022.

Sambutan Gubernur dalam rangka Tahun Baru ini juga dibacakan oleh 44 Lurah di setiap gereja yang ada di Kelurahan se-Kota Tomohon.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *