Sekot Roring Rapat Perumusan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Tomohon

Tomohon48 Dilihat

-KATABRITA.COM-Sekretaris Daerah Kota(Sekdakot) Tomohon Edwin Roring SE, membuka Rapat Perumusan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Tomohon 2025-2045Senin (29/4/2024).

Rapat yang digelar Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon  ini menyoroti visi mewujudkan Tomohon sebagai kota wisata dunia yang maju, sejahtera, dan berkelanjutan.

Memaparkan kerangka pikir RPJPD, Sekdakot Edwin Roring menandaskan dokumen ini akan menjadi panduan utama dalam transformasi sosial, ekonomi, dan tata kelola Kota Tomohon.

“RPJPD harus selaras dengan strategi pembangunan nasional, khususnya dalam konteks kemajuan Kota Tomohon. Visi pembangunan Kota Tomohon, yang tertuang dalam Rancangan RPJPD 2025-2045, adalah menciptakan “Tomohon Kota Wisata Dunia yang maju, sejahtera dan berkelanjutan,” tutur Roring.

Terkait pencapaian visi tersebut, kata Roring, terdapat 8 misi yang akan diimplementasikan:

Baca juga:  Ibadah Natal Lapas Tondano, Yulius Paath: Semoga Temukan Jalan Keluar dari Belenggu Masa Lalu

1. Transformasi Sosial: Masyarakat yang sehat, cerdas, kreatif, berdaya saing, dan adaptif.

2. Transformasi Ekonomi: Ekonomi hijau, inklusif, teknologi, dan inovasi untuk mendukung status Tomohon sebagai kota wisata.

3. Transformasi Tata Kelola: Tata kelola yang berintegritas dan adaptif.

4. Supremasi Hukum dan Kepemimpinan Modern: Penguatan supremasi hukum dan stabilitas daerah.

5. Ketahanan Sosial Budaya dan Ekologi: Mempertahankan kearifan lokal dan ekologi yang berkelanjutan.

6. Pembangunan Wilayah yang Merata dan Berkeadilan: Distribusi pembangunan yang adil di seluruh wilayah Kota Tomohon.

7. Sarana dan Prasarana Berkualitas dan Ramah Lingkungan: Fasilitas publik yang berkualitas dan berkelanjutan.

8. Kesinambungan Pembangunan: Menjunjung tinggi pembangunan berkelanjutan dalam konteks kota wisata.

RPJPD sendiri, lanjut Roring, merupakan amanat UU No. 25 tahun 2004, yang menetapkan perencanaan pembangunan nasional selama 20 tahun ke depan.

Baca juga:  Pemkot Tomohon Gelar Bazar Pangan di Kampung Jawa

“Menyusul akhirnya periode pembangunan jangka panjang sebelumnya (2005-2025), pemerintah daerah Kota Tomohon fokus pada penyusunan perencanaan jangka panjang 2025-2045,” ujarnya.

Turut hadir Asisten 1 dan Asisten 2 Setdakot Tomohon, Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon beserta tim penyusun dan perangkat daerah terkait.

Dalam waktu yang sama, Pemerintah Kota Tomohon sedang fokus pada penyusunan dokumen RPJMD teknokratik dan RKPD tahun 2025, sebagai bagian dari rangkaian perencanaan strategis untuk masa depan kota ini. Dengan fokus pada visi yang ambisius, Kota Tomohon bertekad untuk menjelma menjadi destinasi wisata dunia yang maju, sejahtera, dan berkelanjutan. Proses perumusan RPJPD Kota Tomohon 2025-2045 menjadi tonggak penting dalam mewujudkan impian tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *